Secara umum masyarakat Angkola Sipirok diyakini berasal dari pinggiran Danau Toba. Mereka hidup dari bertani, menangkap ikan dan berburu. Semula mereka hidup berkecukupan, namun setelah beberapa generasi jumlah penduduk tidak lagi sebanding dengan luas lahan pertanian. Ini sesuai dengan teori Malthus yang mengatakan: pertumbuhan penduduk sebagai deret ukur, sementara produksi makanan bertambah sebagai deret hitung.
Pada akhirnya produksi makanan tidak lagi memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Sebagian dari mereka harus meninggalkan kampung halaman dalam upaya mendapatkan lahan pertanian baru. Menurut adat yang berlaku sampai dengan sekarang di sekitar Danau Toba, anak sulung adalah pengganti orang tua sebagai pemimpin keluarga, sementara anak bungsu sebagai pewaris rumah (hasahatan ni rape-rape).
Oleh karena itu yang paling pantas untuk pergi merantau adalah orang atau orang-orang di antara anak sulung dengan anak bungsu. Sudah tentu mereka yang lemah fisik dan mental tidak diikut sertakan mengingat tantangan dan kesulitan yang dihadapi untuk mendapatkan lahan pertanian baru.
Marga Siregar memasuki napa-napa ni Sibualbuali dari Pinarung-Pangaribuan; mengarungi sungai-sungai ke arah hulu Aek Simandoras, Aek Sagala, Aek Siguti dan sungai-sungai kecil lainnya di Luat Sipirok. Sebelumnya, kelompok Marga Siregar bertempat tinggal di Dataran Tinggi Humbang. Kelompok Marga Siregar meninggalkan daerah ini mencari tempat tinggal baru untuk menghindarkan timbulnya perang saudara akibat terbatasnya lahan pertanian.
Di samping alasan kekurangan lahan pertanian, kepindahan itu juga kemungkinan karena timbulnya wabah kolera (begu attuk) yang pada zaman itu melanda Tanah Batak secara periodik. Wabah kolera sepertinya menjadi checking over population di Tanah Batak “tempo doeloe”. Kadang-kadang wabah itu sedemikian parah dan ganas sampai-sampai menghabiskan 40 s/d 50% penduduk di suatu daerah hunian. Pada zaman dahulu bilamana wabah muncul di suatu daerah, maka penduduk yang belum ditulari, berusaha pindah secepatnya untuk mencari tempat hunian baru.
Catatan:
Di tano Humbang di Lobu Siregar, madung tolu bittang (= tahun) inda denggan eme bibi, tongtong songon bunga ni onjal-onjal marlampusung so ra bibi; asa langka buat ma Siregar gelar Aji Guru Tunggal Panaluan Jati menjalahi tano parhutaan, parladangan dohot parsabaan. Anakna margoar Dipartuan Ampu Patih, Raja Ampu Patih (= Oppu Palti Raja). Dipukka ma huta bonabulu na imbaru na digoaran Sabatangkayu, dipajonjong ma disi bagas gonjong, bagas rancang bagas sio dalom magodang. Asa digoar pe huta i Sabatangkayu (di Padangbolak Harangan); i ma baen hum sabatang hayu tuk ma parkayu ni bagas gonjong i. Di si ma tubu sinuan tunasna na margoar:
Ronggur Laut; Mogot Laut dohot Timba Laut
Ibana ma na gabe Raja Bulu Aor, raja huta bonabulu; Raja Panusunan Bulung, Raja Panusunan Adat; asa jolmana si boru tindang panungkunan adat tuan laen bolon, na mora sari tua oloan. Asa dung mate Dipartuan Ampu Patih (= Ompu Palti Raja), asa madung sidung horjana, martahi ma sinuan tunas na tolu simanjujung, asa mangihutkon poda ni ama na matua na uli bulung; muda dung mate raja na sangap na badia i, sude sinuan tunasna rap mamungka huta bonabulu na be, asa rap jadi raja.
Asa taringot di bungkulan ni bagas gonjong, bagas rancang sio dalom magodang, Raja bulu aor ma na manyimpan na; ulang lupa di bona ni adat: “pantun hangoluan teas hamatean, jayatonan dilangkai abara ulu, jaru pe di toru kihik pamorsanan ninna Rajanta Ampu Patih Sabungan; Ompu Palti Raja”. Asa i ma dibaen na dioban bungkulan i sian Sabatangkayu tu napa-napa ni Sibualbuali, asa sinur na pinahan gabe na ni ula, rincan ma hamamora, rincan hagagabe, rinjan harajaon asa marserak sinuan tunas na tolu simanjujung i.
Sian Sabatangkayu marsoban kahanggina, marsiboan hula-hula bantara kanan (mora ni huta); marsiboan bayo-bayo bantara kiri (anak boru ni huta); marsiboan ulubalangna, marsiboan rayapna (rakyat) langka buat margondang dalan paihut-ihut manuk jantan ginanten puti. (Dikutip dari Tarombo Harajaon Siregar Angkola Dolok).
Satu pertanyaan yang menarik dan sering timbul di kalangan orang tua-tua dan cerdik pandai marga Siregar. Kapankah sebenarnya kelompok Marga Siregar memasuki napa-napa ni Sibualbuali (Luat Sipirok)?
Perkampungan awal kelompok Marga Siregar di Luat Sipirok; lokasinya di sekitar pertemuan Aek Siguti dengan anak sungai Aek Pinagar (Pangirkiran Aek Siguti), yang dikenal dengan nama Rante Omas-Aek Siguti (Rantai Emas). Berdasarkan keterangan yang diperoleh, perkampungan ini menjadi “Lobu” (ditinggalkan penghuni terakhir) pada awal masuknya agama Islam Bonjol (tingki ni Pidari) ke Luat Sipirok pada awal abad ke-19.
Perkampungan berikutnya pahulu Aek Siguti (lokasinya sekitar Saba Jae) di seputar Tor Halihi (Bukit Burung Elang); disebut demikian karena dibukit itu dijumpai banyak sarang elang; perkampungan ini disebut
Di sebuah bukit dekat perkampungan Padang Handis-Tambatan Gaja dimakamkan Timba Laut Pande Bosi gelar Ompu Ni Hatunggal; nenek pendiri Harajaon Siregar Sipirok, anak bungsu dari Palti Raja, yang sampai sekarang dihormati/dipelihara baik oleh turunannya yaitu Siregar Sipirok. Makam/pusara berlokasi di sebuah bukit yang telah dipugar keturunannya bersebelahan dengan sebuah bukit yang “konon” tempat gajah peliharaan ditambat (Tambatan Gaja). Pada dinding bangunan makam ditulis: IX Soetan Moeda Soadoeon, Voorzitter Comite MM, O ni Hatunggal, 1932-1934
Catatan:
Angka IX menunjukkan monumen dibangun oleh turunan O ni Hatunggal generasi ke-IX. Tidak jauh dari situ juga ditemui makam/pusara pendiri Bagas Lombang-Sipirok yang bernama Ja Manonging, anak tertua dari Sutan Mula Sontang (putera tertua dari Timba Laut Raja Pande Bosi gelar Ompu ni Hatunggal).
Raja kelompok marga Siregar yang melegenda, serta dikenal sebagai penegak budaya Angkola-Sipirok (sipungka andung-andung di napa-napa ni Sibualbuali) dan cikal bakal raja-raja marga Siregar di Luat Sipirok yaitu: Raja Parausorat, Raja Baringin Tumburjati dan Raja Sipirok bernama: Salakkan Dipartuan Ampu Patih, Raja Ampu Patih Sabungan; Oppu Palti Raja.
Nama ini menjadi nama pusaka marga Siregar yang diturunkan dari generasi ke generasi berikut sampai sekarang. Beliau sangat dihormati marga Siregar Sipirok khususnya dimanapun mereka bermukim, begitupun marga-marga Batak lain pada zamannya yang mendiami Luat Pangaribuan, Padangbolak, Luat Urung dan Luat Harangan.
Sebagai bukti kebesaran, namanya diabadikan dengan banyak gelar kehormatan sehingga dikenal dengan nama: “Salakkan Dipartuan Ampu Patih Raja Ampu Patih Sabungan” (di daerah Luat Sipirok lebih dikenal dengan nama: Ompu Palti Raja), Ompu Raja Sabungan, na sumuan haruaya di Onan Pangaribuan, Raja na patunggang-tunggang gaja, Raja na paampar-ampar ruji na patenggar-tenggar taji, na umpukka andung-andung di napa-napa ni Sibualbuali, banua na sonang tano na ngali.
Comments :
Posting Komentar